8 Strategi Personal Branding di Instagram

8 Strategi Personal Branding di Instagram

Tahukah Anda bahwa untuk meningkatkan popularitas di media sosial, Anda perlu melakukan personal branding dengan membuat konten menarik di Instagram? Instagram masih menjadi salah satu media sosial paling populer dan memiliki pengguna di seluruh dunia. 

Meski sering dianggap sebagai tempat untuk pamer, Instagram sebenarnya memiliki manfaat lain yang dapat dimanfaatkan untuk menciptakan personal branding.

Dengan Melakukan personal branding bisa membuat kita terlihat lebih kredibel hingga mudah membangun koneksi. Contohnya, kamu memiliki ketertarikan dengan dunia illustrator dan sering membuat konten Instagram yang berhubungan dengan hal tersebut. 

Pasti akan ada banyak orang yang tertarik menggunakan jasamu untuk membuat suatu ilustrator. dalam artikel ini saya akan membahas Strategi Personal Branding di media sosoial Instagram, mari kita simak

8 Strategi Personal Branding Lewat Instagram 

kalau mau membangun personal branding di instaragn konten apa sih yang perlu dipersiapkan? Dalam memasarkan keahlian diri mungkin bisa dibilang cukup sulit seperti saat kita melakukan usaha marketing lainnya. dalam prosesnya di butuhkan Kreativitas. 


Jadi, kamu harus mempersiapkan strategi personal branding yang tepat. Berikut ini strategi dalam melakukan personal branding yang bisa kamu lakukan antara lain: 

1.Miliki tujuan yang jelas 

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui tujuan utama Anda. Apakah ingin menjadi brand ambassador, meningkatkan traffic website, atau menawarkan jasa? Dengan mengetahui tujuan awal dari personal branding yang ingin Anda ciptakan, Anda akan lebih mudah merencanakan jenis konten Instagram yang cocok untuk Anda.


Dengan memikirikan tujuan awal dari personal branding yang ingin kamu ciptakan, maka akan lebih mudah untuk mrerencanakan pembuatan jenis konten Instagram yang cocok untukmu. 

Baca juga : 
  • 5 Tips Meningkatkan Social Media Branding
  • 10 Tips Bernegosiasi Ala FBI
  • Kekuatan Tekat (Willpower) – Kunci Pencapaian Tujuan

 2. Tentukan target audiens 

Tentukan target audiens Anda berdasarkan usia, gender, hingga lokasi geografis. Dengan menetapkan target audiens, Anda dapat membuat konten Instagram yang sesuai dengan preferensi mereka

 3. Persiapkan jadwal upload konten 

 Untuk mempercepat exposure dari akunmu, maka jadwal upload konten pun haruslah konsisten. kamu bisa membuat jadwal di Creator stuido IG Buatlah jadwal untuk memposting konten secara teratur tidak kosong terlalu lama dan juga tidak terlalu cepat, harus bisa di sesuaikan. Jangan lupa gunakan hashtag dan eye-catching untuk selalu digunakan dalam tiap post. 

 4. Selalu pantau engagement Instagram 

Mulai sekarang anda Jangan abaikan komentar, likes, dan interaksi lainnya di akun Anda. Ketahui jenis konten yang disukai oleh pengikut Anda. Dengan memahami sudut pandang pengikut, Anda dapat menyiapkan konten Instagram yang lebih baik.



Coba lihat dari sudut pandang followers-mu kira-kira apa sih yang ingin mereka lihat dan dapatkan dari akun kamu. dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam menyiapkan konten Instagram yang selanjutnya. 

 5. Harus selalu konsisten 

Konsistensi adalah kunci sukses personal branding di Instagram. Ini mencakup konsistensi dalam posting, gaya bahasa caption, hingga isi konten. Menurut Hootsuite, caption yang menarik dapat meningkatkan engagement akun. Selain itu, berinteraksi secara konsisten dengan followers juga penting untuk membangun ikatan yang nyata.

Menurut Hootsuite  caption yang menarik bisa meningkatkan engagement akun. oleh Karena itu, cobalah untuk selalu konsisten membuat caption yang unik. Selain itu, konsisten berinteraksi dengan para followers juga sangat diperlukan agar mereka memiliki IKATAN bahwa kamu adalah nyata bukan bot. 

6. Hashtag atau tagar masih pentingkah tagar atau hashtag? 

Jawabannya, Untuk saat ini penting karena hashtag bisa membuat postinganmu lebih mudah ditemukan oleh pengguna lainnya. dilangsir dari HubSpot pengguna Instagram bisa saling menemukan dan berinteraksi jika menggunakan suatu hashtag yang sama. tentunya dengan mengunakan hashtag mampu meningkatkan engagement dan tentunya bisa meningkatkan followers yang dimiliki. 

saat ini masih Banyak orang yang memanfaatkan hashtag untuk mencari konten yang diinginkan. 
Misalnya, saat mereka mencari martabak yang enak di Jakarta, biasanya akan mencari hashtag seperti. 

Baca juga : 
  • The Culture Code : Membuat Tim Impian
  • 9 Langkah Optimal Launching Produk Sukses

 7. Call-to-Action 

Dengan menyematkan call to action dalam konten Instagram akan memancing audiens untuk berinteraksi pada kontenmu Misalnya untuk memberikan pendapatnya di kolom komentar. Selain itu, kamu bisa membuat konten yang engaging dan memerlukan call-to-action lainnya. 

Misalnya dengan memanfaatkan fitur-fitur di Instagram seperti polling atau reels. 

8. Bangun komunitas 

Strategi terakhir adalah membangun komunitas. Instagram dibangun berdasarkan komunitas, sehingga Anda tidak bisa membangun personal branding tanpa bersosialisasi dengan akun lain. 

Cobalah berbagi pengetahuan atau keterampilan Anda melalui Instagram Live atau Reels. Dengan demikian, Anda dapat membangun komunitas yang lebih kuat di Instagram..

Menciptakan citra yang tepat melalui konten Instagram memang tidak mudah dan membutuhkan usaha yang cukup banyak. Jadi, Anda harus sabar dan konsisten agar personal branding yang dilakukan bisa sukses

Semoga bisa menambah wawasan dengan pengetahuan kamu

Sumber :
  • "How to Create an Instagram Marketing Strategy for 2024"
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama